Kamis, 06 Mei 2010

Cara Membaca Tab Gitar atau Bass




TAB adalah mudah untuk dibaca dan harus mudah untuk ditulis jika anda ingin
mengirimkan (submit) sebuah lagu yang telah anda kerjakan sendiri. Idenya
adalah ini:

Mulai dengan 6 baris (atau empat untuk bass). Ini berhubungan dengan senar-senar
dari instrumennya. Garis yang paling atas adalah string yang paling tinggi. dan
garis yang dibawahnya adalah string yang lebih rendah.



Dibawah ini adalah bit
kosong dari TAB dengan nama string pada bagian kiri.

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Nomor-nomor ditulis pada garis untuk menunjukan pada fret mana dari string
dengan tangan kiri. Bila sebuah nol muncul, artinya mainkan dengan string
terbuka. Seperti notasi standar musik, baca dari kiri ke kanan untuk mengetahui
urutan note yang harus dimainkan. Bagian dari TAB berikut mempunyai arti
memainkan sederetan note (E F F# G G# A) pada bagian bawah senar E dengan
menggerakkan fret secara berurutan, dimulai dengan string terbuka.

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0–1–2–3–4–5———————————————

OK sampai saat ini ?

Berikut adalah note yang dimainkan secara bersamaan. Jika dua atau lebih note
akan dimainkan bersamaan, mereka dituliskan diatas satu sama lainnya, sekali
lagi seperti notasi standar.

Contoh berikut kita mempunyai sebuah Kord balok G.

E—-3————————————————————
B—-3————————————————————
G—-4————————————————————
D—-5————————————————————
A—-5————————————————————
E—-3————————————————————

Jadi ini artinya mainkan semua note tersebut secara bersamaan sebagai kord.

Terkadang juga terlihat kord yang sama dituliskan seperti ini :

E——–3——————————————————–
B——-3———————————————————
G——4———————————————————-
D—–5———————————————————–
A—-5————————————————————
E—3————————————————————-

Yang berarti bunyikan dengan bentuk yang sama dimulai dari string terendah, jadi
berarti setiap string dibunyikan segera setelah string terakhir, tetapi semua
notasi akan berbunyi bersamaan. Dibawah ini ada sebuah contoh lagi dengan bentuk
yang sama, tetapi dengan jarak yang sedikit lebih besar – sehingga anda mungkin
harus memetik string tersebut secara terpisah daripada membunyikannya secara
perlahan.

E——————3———————————————-
B—————3—–3——————————————–
G————4———–4—————————————–
D———5—————–5————————————–
A——5———————–5———————————-
E—3—————————–3——————————–

Anda mungkin menanyakan
- Bagaimana saya tahu seberapa cepat atau lambat untuk memainkannya ?
- Apakah semua notasi seharusnya mempunyai panjang yang sama ?

Disinilah perbedaan TAB dari notasi standar. Kebanyakan dari TAB *tidak* akan
memberitahukan panjangnya note. Biasanya itu tergantung dari anda untuk
mendengarkan lagu tersebut untuk mendapatkan iramanya.

Bagaimanapun – jangan kecewa. TAB harus bisa memberikan indikasi dari waktu
tersebut. Pada contoh di atas semua note dipisahkan dengan jarak yang sama
sehingga anda bisa membuat asumsi bahwa note tersebut mempunyai jarak yang sama
(mungkin semua seperdelapan note atau seperempat) tapi ini tidak selamanya
benar – itu tergantung dari siapa yang menuliskan TAB tersebut.

Sebagai aturan umum, jarak dari note pada TAB seharusnya memberitahukan anda
note mana yang panjang dan mana yang pendek dan yang cepat, tapi biasanya tidak
akan memberitahukan anda jika sebuah note adalah sebuah triplet atau lainnya
yang seperti itu. Sekali lagi, ini akan sangat tergantung dengan siapa yang
menuliskan TAB tersebut.

Sebagai contoh, ini adalah beberapa note dari Lagu Nasional Amerika dalam TAB.
Anda tentu dapat melihat jelas bahwa perbedaan jarak tergantung dari panjang
note.

E———————–0——–4–2-0————————–
B—0————–0———————————0———–
G——1——1—————————-1—-3—————-
D——–2——————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Biasanya akan lebih mudah untuk memainkan TAB dari lagu yang sudah anda kenal
baik daripada lagu yang belum pernah anda dengar karena akan lebih terbiasa
dengan irama dari lagu yang sudah dikenal.

Simbol lainnya yang digunakan di dalam TAB.

Sejauh ini saya telah melihat note mana yang harus dimainkan : senar mana yang
harus ditekan, dan di kolom mana. Saya telah menyinggung bagaimana mengetahui
panjang note dengan melihat jarak antara note pada TAB, tapi ini hanya bisa
sebagai panduan kasarnya. Anda akan harus selalu memeriksanya dengan trak lagu
aslinya untuk mendapatkan ditail dari iramanya.

Banyak dari informasi penting dapat dimasukkan ke dalam bagian TAB. Ini termasuk
hammer-ons (pukul), pulls offs (melepaskan), slides (geser), bends, vibrato dan
lainnya.

Yang harus dilakukan adalah menuliskan karakter tambahan atau simbol antara note
untuk mengindikasikan bagaimana cara memainkannya. Dibawah ini adalah karakter/simbol
yang sering digunakan:

h – hammer on
p – pull off
b – bend string up
r – lepas bend
/ – geser ke atas
\ – geser ke bawah
v – vibrato (kadang dituliskan ~)
t – tap dengan tangan kanan
x – mainkan ‘note’ dengan damping yang berat

Untuk slides (penggeseran), s terkadang digunakan untuk mengindikasikan apakah
menggeser ke atas atau ke bawah. Simbol untuk harmonics dijelaskan dibawah pada
bagian 3.2

Yang terakhir, x, digunakan untuk mendapatakan choppy, suara perkusi.
Anda biasanya menggunakan tangan fret untuk damp ringan senar sehingga ketika
akan membunyikan note tersebut seakan-akan suaranya mati.

Catatan bahwa penggunaan ‘x’ *sangat* berbeda dari penggunaan ‘x’ saat memberikan
bentuk kord.

Sebagai contoh jika dituliskan kord D, maka akan terlilhat :

EADGBE
xx0232

Dimana ‘x’ berarti tidak dimainkan.

Pada tab diasumsikan bahwa sebuah string tidak dimainkan jika tidak ditandai.
Sehingga kord yang sama pada tab akan seperti :

E—–2———————————————————–
B—–3———————————————————–
G—–2———————————————————–
D—–0———————————————————–
A—————————————————————-
E—————————————————————-

tanpa ‘x’. ‘x’ hanya digunakan pada TAB untuk merepresentasikan mute senar yang
berat yang dibunyikan/dipetik untuk meberikan suara perkusi.

Ada beberapa dari simbol lainnya untuk hal-hal seperti whammy bar bends,
petikan scrapes dan lainnya. Sepertinya tidak ada standar penulisan sebagai
acuan untuk menuliskannya – ditail/keterangan harus diberikan di dalam TAB
untuk menjelaskan arti dari simbol tersebut.

TAB Bass kemungkinan akan membutuhkan beberapa ekstra simbol untuk memenuhi
kebutuhan atas perbedaan tehknik yang dipakai dalam memainkan bass – sebagai
contoh slapping dan ‘popping’ senar dengan jari jempol atau jari tengah.
Anda bisa menggunakan ‘s’ untuk slap dan ‘p’ untuk pop selama dituliskan
*dibawah* baris tab untuk menjelaskannya dari slide dan pull off yang seharusnya
dituliskan *di atas* garis dari tab.

HAMMER ONS DAN PULL OFFS.

Dengan hammer-ons dan pull-offs anda mungkin menemukannya seperti hal berikut :

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A———5h7———–5h7————————————–
E—0–0———-0–0——————————————-

yang berarti memainkan E terbuka dua kali, lalu tekan senar A pada kolom 5 dan
hammer pada kolom 7.

Pull offs terlihat sangat sama :

E—-3p0————————————————————
B———3p0——————————————————-
G————–2p0————————————————–
D——————-2———————————————
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Disini didapatkan descending bluse dengan skala menggunakan pull-offs terhadap
string terbuka. Untuk setiap pull off hanya mengambil note pertama dari pasangan
dengan tangan kanan – sehingga pada contoh ini hanya mengambil semua note pada
kolom ke 3 dan ke 2, dan senar buka akan dibunyikan dengan melepaskan.

Karena senar diberikan bit tambahan dengan energi saat hammer on dan pull off, anda
anya perlu membunyikan note pertama dengan menggunakan tangan pick. Anda juga bisa
mendapatkan senar yang panjang dengan hammer-ons dan pull-offs seperti dibawah :

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—2h4p2h4p2h4p2h4p2h4p2—————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Dalam kasus ini anda hanya perlu membunyikan note pertama.

Catatan – Anda mungkin akan mendapatkan simbol lainnya yang digunakan untuk
hammer-on dan pull-off, sebagai contoh ^ dapat digunakan untuk mengartikan
hammer-on dan pull-off.

contoh :

G—2^4^2—-

yang berart “bunyikan note pada kolom ke dua, hammer-on ke kolom 4 dan pull-off
ke kolom 2″. Akan menjadi mudah jika semua orang menggunakan simbol yang sama,
jadi kecuali anda mempunyai keberatan yang kuat terhadap ‘h’ dan ‘p’ tolong
gunakan itu. Dalam hal lain, untuk setiap tab yang dikirimkan harus selalu
menerangkan simbol yang digunakan sehingga jika menggunakan apapun ‘di luar
kebisaan’ pastikan untuk menjelaskan maksudnya.

Bends.

Ketika bends terlibat anda harus mengetahui seberapa banyak yang harus di bend
note tersebut. Ini dapat diketahui dengan menuliskan jumlah setelah ‘b’.
Sebagai contoh, jika anda melihat ini :

E—————————————————————-
B——7b9——————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

berarti bunyikan senar B pada kolom ke 7, lalu bend note ke atas dua semi tone
(satu langkah sekaligus) sehingga berbunyi pitch sama seperti bunyi note pada
kolom 9. (Terkadang bend dituliskan pada bagian ke dua di dalam tanda kurung,
seperti ini —7b(9)— )

Sesuatu seperti ini :

E—————————————————————-
B——7b9–9r7————————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

berarti mainkan note pada kolom 7, bend ke atas dua semi tone, bunyikan note
lagi ketika sedang bend, kemudian lepaskan bend sehingga note tersebut kembali
normal.

Terkadang pre-bend digunakan – ini dimana senar di bend *sebelum* note dibunyikan.
Setelah note dibunyikan, bend dilepaskan. Pre-bends biasanya dituliskan sebagai
berikut :

E—————————————————————-
B——(7)b9r7—————————————————
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Berarti: fret note tersebut pada kolom ke 7 dan bend senar ke atas dua semitones
(tanpa membunyikan nite). Kemudian bunyikan senar tersebut dan lepaskan bend.

Terkadang ditenukan note yang di bent ke atas hanya seperempat dari tone dan
sebagainya. Dalam hal ini akan terlihat sedikit aneh :

B——–7b7.5——–

jika anda harus bend keatas setengah fret nilainya.
Tuliskan sebagai berikut :

bend up 1/4 tone
E—————————————————————-
B——7b——————————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

dengan instruksi mengenai seberapa banyak bend dituliskan diatas note.

Slides.

Simbol yang paling sering digunakan adalah / untuk slide ke atas dan \ untuk
slide ke bawah.

Terkadang juga terlihat ‘s’ digunakan untuk slide.

Anda tidak harus membutuhkan simbol terpisah untuk slide ‘atas’ dan ‘bawah’
dikarenakan pembacaan baris TAB :

E—————————————————————-
B——7/9——————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

terlihat jelas sebuah slide *ke atas* dari kolom 7 ke kolom 9. Bagaimanapun
terkadang dijumpai hal seperti berikut :

E—————————————————————-
B——/7-9-7\—————————————————
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

dimana slide awal dan akhir tidak jelas diberikan. Di sini anda harus mengetahui
apakah anda slide ke atas atau ke bawah. Dalam hal ini gunakan keputusan anda
untuk memilih awal atau akhir kolomnya.

Anda juga dapat mempunyai sekumpulan seri dari slide secara bersamaan, seperti ini

E—————————————————————-
B——7/9/11——————————————–
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

yang berarti anda hanya membunyikan note yang pertama menggunakan sustain
untuk menghasilkan note lainnya.

Selengkapnya...

Sabtu, 24 April 2010

Hal Yang Ditunggu-tunggu akhirnya Ada



Setelah mengeluarkan Album RESPECT (2005) dan UNITY (2007), di tahun 2010 ini Bondan Prakoso & Fade 2 Black yang selanjutnya bisa disingkat dengan julukan B&F2B mengeluarkan Album ke 3 yang bertitel FOR ALL



Album ini berisikan 11 lagu. Dan di album ini kembali Bondan Prakoso bertindak sebagai produser, arranger, vocal, dan basis. Ia meracik musiknya dalam berbagai jenis aliran musik dengan syair syair berirama cepat alias rap. Bondan tentu saja masih didukung oleh pasukan Fade 2 Black, yang beranggotakan Tito A.K.A Titz, Ari A.K.A Santoz, dan Eza A.K.A Lezzano.
Perekaman Album FOR ALL ini dimulai kurang lebih pertengahan tahun 2009 dan selesai di bulan November. Lagu yang pertama direkam adalah “Tetap Semangat”, sebuah track berirama ska yang mempunyai kejutan reggae di tengah tengah lagu, sebagai pengobar semangat bagi siapa pun yang mendengarnya untuk tetap semangat dan berdansa ria. Asal tahu saja, lagu ini direkam di sebuah hotel diantara sela-sela tur mereka. Tak heran jika lagu ini memuat esensi pembawa semangat kepada mereka yang jauh dari sanak keluarga ketika sedang melakukan tur.


Bondan Prakoso yang merupakan salah satu musisi multi-genre dan cross over ini mulai beraksi kembali. Di album For All ini kita bisa menikmati lagu berjudul “Tidurlah”. Lagu ini mengingatkan kita pada sentuhan musik The Everly Brothers di tahun 1960 atau awal 1970 yang mana menjadi inspirasi notasi pop lagu lagu dari jaman Bob Tutupoli, Rinto Harahap, hingga Nia Daniati dan Betaria Sonata. Di Lagu ini Bondan benar benar serius sekali dalam penggarapan dan perekamannya baik dari pemilihan sound drum, sound guitar, backing vocal dan aransemen lagu. Semua elemen itu benar benar di’ramu’ seperti pada jamannya.

Kedewasaan dan kolaborasi B&F2B di Album FOR ALL ini semakin Intens dan sudah melebur menjadi satu. Contohnya adalah Bondan memberikan keleluasaan kepada masing masing personil Fade 2 Black untuk mengeksplorasi lirik lagu. Bondan selaku produser dan arranger memberikan kesempatan kepada Tito, Ari dan Eza untuk menginterprestasikan lagu pilihannya sesuai dengan style mereka sendiri. Untuk Eza misalnya, Bondan membuat musik dengan sentuhan alternatif funk dengan judul lagu “Bumi ke Langit”. Sedangkan untuk Arie dengan musik berirama hip rock berjudul “Terinjak Terhimpas”. Adapun Tito dengan lagu “Not With Me” yang berwarna rock ballad.

“Good Times” memperlihatkan kedewasaan Bondan dalam bermain bass juga sekaligus mempertunjukan sebuah aransemen funk dengan nuansa musik soul yang mempunyai kelasnya tersendiri. Lebih seru lagi karena lagu ini diselingi dengan Human Beatbox (suara berbagai beat dan scratch yang di hasilkan oleh mulut) Tito dan sautan Rap Eza maupun Ari.
Yang istimewa, B&F2B melihat tidak adanya lagu yang cukup mewakili anak-anak SMU saat melakukan acara perpisahan lulusan sekolah atau yang kerennya disebut dengan istilah prom night. Maka dibuatlah lagu khusus berjudul “Kita Untuk Slamanya” sebagai tribute untuk acara itu. Sehingga diharapkan acara yang digelar lebih berkesan dan bermakna bagi para siswa yang lulus SMU tersebut yang notabene adalah para penggemar B&F2B.
Dalam lagu “Sang Juara” Bondan membuat aransemen musik yang diharapkan dapat menjadi anthem pengobar semangat di kancah olah raga. Disini ada elemen sound brass section yang membuat lagu ini terasa dramatik.

Usai mendengarkan rapalan rap yang bertubi tubi, saatnya mendengarkan “Not With Me”, lagu ini adalah sebuah lagu ballad yang dinyanyikan oleh Tito Fade 2 Black. Disini dapat dibuktikan bahwa selain Tito mempunyai kemampuan nge-rap yang sangat cepat dan keahliannya memainkan Human BeatBox, ternyata Tito juga mempunyai suara yang merdu dan mempunyai karakter tersendiri. Bondan menggarap lagu ini dengan sentuhan rock ballad tahun 80-an ala Bryan Adams.

Oya apabila diperhatikan sampul album FOR ALL ini terdapat banyak foto-foto kecil yang ada disampul depan. Foto tersebut adalah foto dari semua Rezpector (sebutan para komunitas fans Bondan Prakoso & Fade 2 Black) maupun orang orang yang medukung selama ini. Bentuk penghargaan lain juga diwujudkan pada bagian dalam sampul album berupa deretan logo-logo kebanggaan dari masing-masing wilayah Rezpector yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

“Ya Sudahlah” dipilih menjadi single jagoan di album For All. Alasannya adalah karena lagu ini mempunyai kekuatan di notasi dan syairnya, plus aksen berupa choir dari suara dewasa sampai anak anak yang begitu ramai nya, menambahkan nuansa tersendiri. Lagu ini menceritakan bahwa apabila harapan yang kita mimpikan belum terwujud tidak mesti membuat kita harus bersedih berkepanjangan, cause everythings gonna be Ok

Selengkapnya...

Kamis, 08 April 2010

RING BACK TONE album terbaru Bondan Prakoso & Fade2Black, "For All"..!!



Wuuzuup REZPECTORZ,

Bagi kalian yg belum sempat dengar single terbaru Bondan Prakoso & Fade2Black, Ya Sudahlah, kamu sudah bisa aktifkan Ring Back Tone (RBT)-nya dengan kode sesuai provider kalian berikut:



Aktifkan Ring Back Tone Kamu lagu “YA SUDAHLAH”

TELKOMSEL / FLEXI Ketik: RING ON 0114379 kirim ke 1212
INDOSAT Ketik: SET 0626534 kirim ke 808
XL RBT Ketik: 10121158 kirim ke 1818
3RBT (3)Ketik: RBT 0114017 kirim ke 1212
ESIA Ketik: RING 0114017 kirim ke 888
AXIS Ketik: Ketik ON KODE RBT Kirim ke 333
CERIA Ketik: RING spasi ON spasi KODE , kirim ke 234
SMART Ketik : Kode , Kirim ke 2525


Jika kalian ingin mendengar sekilas isi lagu2 terbaru di album yang sebentar lagi akan keluar bertajuk 'FOR ALL', kalian bisa klik link2 berikut di bawah sesuai dengan provider komunikasi kalian:

http://img155.imageshack.us/img155/2057/rbtforall.jpg


Pastikan kalian akan selalu menghargai perbadaan dan tidak melakukan/membeli bajakan!!

TETAP SEMANGAT, REZPECTOR!!!

Selengkapnya...

EXPRESIKAN BAND LOE....




















Rezpectors,


Mau jadi Band Pembuka untuk event launching Bondan Prakoso & Fade 2 Black, album 'For All'?




Rekam Band kalian membawakan 1 Lagu dari Album Respect atau Unity dengan handycam.
Upload Video kalian di 'Youtube' dengan mengisi Tag Search:

- Bondan Prakoso & Fade 2 Black
- Rezpector
- "Nama Band Kalian"
- Nomer telepon yg bisa dihubungi

atau link video Youtube bisa dikirim ke account FB ini:
http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&id=100000070471816

Tempat terbatas..so mulailah Xpresikan diri dan tunjukan potensi musikalitas kalian!
Ayooooooo....Tetap Semangat!!

Selengkapnya...

SINGLE TERBARU BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK

Puji syukur kita panjatkan pada yang maha kuasa atas titik terang nya kita pada penantian album ke.3 BONDAN PRAKOSO&FADE2BLACK ini

SELAMAT DAN SUKSES
kami (all Rezpector) sampaikan kepada semua yang telah terlibat pada pembuatan album ke.3 ini
untuk BONDAN PRAKOSO&FADE2BLACK dan B entertainment
________________________________________________________

kami (all Rezpector) angkat gelas , acungkan jempol
dan mengucapkan banyak terima kasih
untuk semua REZPECTOR SE INDONESIA
________________________________________________________
SATU LAGI Sebagai titipan,bila Anda mencintai musik Indonesia belilah
kaset atau CD yang Asli tanpa harus membeli yang bajakan.murah memang akan tetapi
merusak tatanan dunia musik di Indonesia.
Terima kasih banyak untuk mereka yang selalu menghargai para musisinya.



'YA SUDAHLAH'
B:
Ketika mimpimu yg begitu indah,
tak pernah terwujud..ya sudahlah
Saat kau berlari mengejar anganmu,
dan tak pernah sampai..ya sudahlah (hhmm)

*reff:
Apapun yg terjadi, ku kan slalu ada untukmu
Janganlah kau bersedih..coz everything's gonna be OKAY

Santoz:
yo..Satu dari sekian kemungkinan
kau jatuh tanpa ada harapan
saat itu raga kupersembahkan
bersama jiwa, cita,cinta dan harapan

Lezz:
Kita sambung satu persatu sebab akibat
tapi tenanglah mata hati kita kan lihat
menuntun ke arah mata angin bahagia
kau dan aku tahu,jalan selalu ada

titz:
juga ku tahu lagi problema kan terus menerjang
bagai deras ombak yang menabrak karang
namun ku tahu..ku tahu kau mampu tuk tetap tenang
hadapi ini bersamaku hingga ajal datang

B:
Sempat kau berharap keramahan cinta,
tak pernah kau dapat..ya sudahlah
yeeah..dengar ku bernyanyi..lalalalalala
heyyeye yaya dedudedadedudedudidam..semua ini belum *****hir

back to *reff

F2B:
satukan langkah..langkah yg beriring!
genggam hati, rangkul emosi!

B:
Genggamlah hatiku, satukan langkah kita

F2B:
Sama rasa, tanpa pamrih
ini cinta..across da sea

B:
peluklah diriku..terbanglah bersamaku, melayang jauh.. (come fly with me, baby)

F2B:
Ini aku dari ujung rambut menyusur jemari
sosok ini yg menerima kelemahan hati
yea..aku cinta kau..(ini cinta kita)
cukup satu waktu yes.(untuk satu cinta)

satu cinta ini akan tuntun jalanku
rapatkan jiwamu yo tenang disisiku
rebahkan rasamu..untuk yg ditunggu
BAHAGIA..HINGGA UJUNG WAKTU..

back to *reff (together) 3x

Selengkapnya...

RAP BISA BERDIRI DI MUSIK APAPUN


Mantan penyanyi cilik Bondan Prakoso, yang dikenal lewat hits ‘Si Lumba-Lumba’ mulai dewasa dan membentuk grup band bernama Funky Kopral. Band tersebut berhasil membuat namanya kian dikenal. Kini Bondan berkolaborasi dengan sekelompok grup rap asal Bogor yaitu Fade 2 Black dan berhasil mencetak hits dengan single ‘Bunga’ pada album pertama serta ‘Keroncong Protol’ pada album kedua mereka.

Kini Bondan & Fade 2 Black yang terdiri dari Tito, Lezano dan Santoz masih tetap membuktikan eksistensinya di industry musik tanah air. Agak lumayan lama jarang tampil, mereka saat ini sedang sibuk apa ya? Apakah Bondan nantinya akan solo karir layaknya masa kecil dia atau akan membentuk band kembali? Ingin tahu?

Berikut perbincangan singkat tim IndonesiaSelebriti.com (IS) bersama Bondan and Fade 2 Black (BF) saat ditemui di ajang Java Soulnation 2009 di Istora Senayan.



IS: Heloo Bondan and Fade 2 Black, apa kabar, kok jarang tampil kayaknya?
BF: Baik, ada kok, lo aja kali jarang datang ke acara kita, pokoknya kalau kita tampil kita selalu punya konsep yaitu energik dah.

IS: Kalian khan dah tampil di Java Soulnation 2009 tuh kemarin, bagaimana pendapat kalian?
BF: Keren kok acaranya, buat gue Soulnation 2009 crowd-nya lebih ramai daripada tahun lalu. Selain itu gue sih melihatnya banyak artis-artis oldschool-nya tahun ini.

IS: Kapan nih album terbaru kalian akan dirilis?
BF: Album ketiga kita sudah 100% selesai, sudah siap rilis tinggal nunggu tanggalnya aja.



IS: Kalau sudah siap kenapa nunggu lama-lama, udah besok rilis aja (maksa)?
BF: Nggak gitu juga, pengen sih, tapi khan nunggu pihak label juga man. Saat ini Sony lagi sibuk nentuin single yang tepat di album terbaru kita tersebut.IS: Kira-kira apa nih yang beda di album ketiga kalian nantinya?
BF: Konsep kita tiap album akan selalu beda. Begitu juga dengan album ketiga kita nanti, pokoknya pasti akan beda. Album pertama kita aka nada unsur punk, rock, jazz dan cha-cha. Di album kedua ada unsur musik keroncong dan reagee, beda-beda khan.

IS: Yee, ayo donk kasih bocoran buat kita apa nanti yang berbeda di album ketiga kalian, jangan pelit kenapa (wah maksa lagi neh)?
BF: Ha ha ha ha Oke deh kita kasih bocoran sedikit, di album ketiga kita nanti, salah satunya akan ada unsur musik Ska.

IS: Ada artis atau musisi yang ingin kalian ajak kolaborasi nggak sih nantinya?
BF: Kolaborasi, nggak yah buat kita. Karena Bondan and Fade 2 Black sudah merupakan kolaborasi, nanti kalau kolaborasi lagi, namanya akan panjang banget donk ha ha ha ha ha.

IS: Menurut kalian, apa sih yang membuat grup kalian ini beda?
BF: Tanpa kita sadari kita memang beda, pihak Sony pun bilang kapan pun kita akan merilis album tidak akan menjadi masalah karena kita punya pasar sendiri. Pop kita nggak disitu, rock juga kita nggak termasuk.

IS: Melihat perkembangan jaman industri musik saat ini mengenai RBT, kalian berminat nggak?
BF: Soal RBT dan sebagainya mengenai persaingan, kita nggak masalah karena itu tadi, kita khan beda.

IS: Kalian ini kan merupakan project kolaborasi, apakah Bondan dan Fade 2 Black nantinya akan merilis album sendiri-sendiri?
BF: Sebelum ketemu Bondan, Fade 2 Black memang sudah sempat merilis album kecil-kecilan lah. Buat Fade 2 Black untuk merilis album sendiri memang sudah ada ke arah sana, saat ini lagi tahap mengumpulkan materi aja. Buat gue (Bondan), dengan atau tanpa Fade 2 Black gue pasti akan terus jalan.IS: Bondan akan solo sebagai penyanyi atau buat band lagi nih nantinya jika tanpa Fade 2 Black?
BF: Gue sebenarnya lagi buat band lagi, tapi belum bisa cerita banyak nih, nanti aja dah kalau semuanya sudah fix.

IS: Fade 2 Black ini kan seakan menjadi nomor duanya Bondan nih dalam kolaborasi ini, bagaimana tuh peranannya?
BF: Fade 2 Black bukan ibaratnya di nomor duakan dari Bondan, kita disini sama dan setara. Bondan saat menemukan Fade 2 Black juga sudah jadi. Basic-nya kita adalah persahabatan, dan dari persahabatan itu terciptalah sebuah musik.



IS: Sekarang kan lagi semaraknya tuh gerakan Indonesia Unite, kalian berminat bergabung atau punya cara kalian sendiri?
BF: Sebelum gerakan itu ada, saya rasa kita sudah memulainya dengan mengkampanyekan Unity. Kita punya cara sendiri namun punya tujuan yang sama. Lagu ‘Kroncong Protol’ itu merupakan salah satu wujud kita untuk mengajak orang lain lebih mencintai Indonesia.IS: Setelah ‘Keroncong Protol’ apalagi nih rencananya yang akan kalian buat berkaitan dengan musik tradisional?
BF: Jujur hal ini banyak ditanyakan kepada kita, tapi balik lagi ke awal, kita akan selalu beda tiap albumnya dan tidak selalu membuat campuran musik daerah dengan rap.

IS: Apa sih misi dari Bondan and fade 2 Black dalam bermusik?
BF: Kita khan selalu menawarkan yang beda dalam tiap album kita, kita ingin menunjukkan kalau musik rap itu bisa berdiri di jenis musik apapun.

Selengkapnya...

Rock On the Beat